Home » » Sejarah Lanud Tanjungpinang

Sejarah Lanud Tanjungpinang

Written By david on Kamis, 19 April 2012 | 03.06.00

Sekilas Lanud Tanjung Pinang dalam Perkembangan Masa Perkembangan Lanud Tanjung Pinang.Tanjung Pinang sekarang telah menjadi Lanud tipe “C” dengan Komandan Lanud berpangkat “Letkol”, Lanud Tanjung Pinang yang terletak di antara Kota Pinang dan Pelabuhan Kijang yang berdekatan atau bertetangga dengan Lantamal IV dan Lanudal dimana Pangkalan TNI AU sebagai Pangkalan Udara tipe “C” di lingkungan TNI AU mempunyai tugas pokok yaitu :“Menyiapkan dan mengoperasikan unsur dan satuan dalam Dalam perkembangannya Pangkalan Udara TNI AU jajarannya serta melaksanakan pembinaan potensi Dirgantara, pembinaan kewilayahan dan pembinaan kemampuan Pangkalan serta pembinaan kemampuan kekuatan sospol diwilayahnya”.

Untuk itu Pangkalan Udara TNI AU Tanjung Pinang siap mendukung semua kegiatan yang bersifat khusus yaitu yang bersifat kedalam TNI AU dalam pengabdiannya terhadap negara dan bangsa Indonesia yang berbentuk dalam mempertahankan keutuhan negara diudara. Sedangkan yang bersifat umum Pangkalan Udara TNI AU Tanjung Pinang siap mendukung semua kegiatan yang bersifat umum yaitu diluar tugas sebagai pendukung operasi udara yaitu bersosialisasi dengan sekitarnya dimana Lanud Itu sendiri berada dengan mengadakan kegiatan bersama-sama.

Dalam perkembangannya sekian jauh Pangkalan Udara TNI AU Tanjung Pinang mempunyai kegiatan yang selalu melibatkan baik dalam luar maupun dalam sehingga Lanud Tanjung Pinang mampu menunjukkan jati dirinya sebagai Lanud yang selalu mengedepankan pengabdian untuk Negara khususnya TNI AU dan masyarakat luas pada umumnya, dengan adanya ke kegiatan yang selalu melibatkan warga sekitarnya diantaranya Kedirgantaraan atau yang sering disebut Saka Dirgantara bagi remaja se Kepulauan Riau yang selalu menjadi momok bagi saka-saka yang lain.

Kondisi SekarangPangkalan Udara TNI AU Tanjung Pinang berlokasi di wilayah kecamatan Tanjung Pinang Timur tepatnya di Jl. Nusantara Batu 12,5 ke arah Kijang dengan luas areal yang terbagi-bagi diantaranya mempunyai 7 buah gedung serta buah bangunan yang disebut koperasi, dan dekat dengan Bandara Kijang yang kurang lebih berjarak 200 meter. 

Lanud Tanjung pinang mempunyai beberapa anak kantor lagi yang tidak menjadi satu lokasi dengan pusatnya yaitu Poliklinik yang letaknya di KM 2 Jl.Brigjen katamso,Mempunyai 4 buah Komplek perumahan yang berbeda yang terdiri dari Komplek Angkasa Loka terletak dibatu 2,5, Elang di batu 4, Rajawali di batu 12,5 dan Garuda di batu 13 arah Kijang. Serta mempunyai beberapa Mess yang terdiri dari Mess Bujangan BA/TA yaitu Mess Angkasa dan Mess Jatayu dan Mess PA yaitu Mess Angkasa juga mempunyai Mess Crew. 

Dengan anggota yang tidak terlalu banyak kurang lebih 130 orang dan dalam keterbatasan anggaran dan kemampuan yang dimiliki, Lanud Tanjung Pinang tetap akan melaksanakan tugas sesuai apa yang diinginkan pimpinan TNI AU yaitu menjaga kedaulatan negara diudara dilandasi dengan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger