Home » » Perwira Lanud TPI Ikuti Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV-AIDS

Perwira Lanud TPI Ikuti Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV-AIDS

Written By david on Senin, 08 Juli 2013 | 03.39.00




Sebanyak 25 orang perwira dari TNI AD, AL dan empat orang dari perwira Lanud Tanjungpinang mengikuti pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV-AIDS di Lingkungan TNI di Hotel Astol, Tanjungpinang, Jumat (5/7).

Pelataihan  yang berlangsung 4 hari tersebut dibuka oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana, S.E., mewakili Kapusket TNI.

     Menurut Kapuskes TNI Mayor Jenderal TNI dr. Komarudin Boenjamin, Sp.U., yang disampaikan melalui sambutan yang dibacakan oleh Komandan Lantamal IV saat membuka pelatihan tersebut, mengatakan, Peer Leader merupakan bagian dari upaya penanggulangan HIV/AIDS dilingkungan TNI khususnya dalam upaya pencegahan, yang menggunakan pendekatan perubahan perilaku.

Selama pelatihan peserta dibekali pengetahuan yang terkait dengan pencegahan HIV dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang  didapat kepada rekan kerja dan anak buah di satuan masing-masing. Bahkan  Pelatihan tersebut diprioritaskan bagi para perwira non kesehatan yang berpotensi untuk terlibat secara aktif dalam program penanggulangan HIV/AIDS di lingkungan TNI.  Hal ini sejalan dengan semangat bangsa Indonesia untuk mencapai Millenium Developtment Goals (MDGS), khususnya Goal keenam yang terkait dengan AIDS, TB Malaria dan penyakit lainnya.

     Indikator yang akan dicapai Bangsa Indonesia terkait HIV/AIDS dalam MDGS tersebut antara lain adalah meningkatnya presentasi remaja yang memiliki pengetahuan konfrehensif tentang HIV/AIDS dan meningkatnya penggunaan kondom secara konsisten pada hubungan seks beresiko.  Sehingga diharapkan Pelatihan Peer Leader ini mampu memberi konstribusi dalam pencapaian MDGS tersebut.

     Kegiatan yang diprakarsai Pusat Kesehatan TNI (Puskes) bekerjasama dengan Office of Defence Cooperation (ODC) Kantor perwakilan militer Amirika Serikat dan FHI 360 yang tujuan dimaksudkan adalah untuk mendidik prajurit-prajurit TNI sebagai calon-calon penggerak dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS baik dikalangan TNI maupun dimasyarakat yang  nantinya mereka dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat umum dimanapun mereka berada dan bertugas.              

     Tim Puskes TNI yang dipimpin olehLetkol (Kes) M. Washiludin didampingi Ibu Veniscia Mulyono dari ODC (Office of Defence Cooperation)  serta Henri Puteranto dari FHI 360 dan dibantu Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Andi Sugeng Rawuh dan beberapa tenaga Dokter dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RS AL) Dr.Midiayanto. S  dan Dinkes Pemkot Tanjungpinang.

     Sementara Materi yang diberikan selama pelatihan antara lain  Building Learning Commitment, Organ Reproduksi, Infeksi Menular Seksual, HIV/AIDS, Penyalagunaan Alkohol, Praktek Presentasi Peer Leader, Post Test, Jejaring dan Layanan HIV Kepulauan Riau, Non Stigma dan Non Diskriminasi, Gender dan Film Inspirasi.

Setelah pelatihan selama empat hari tersebut usai, kemudian pelatihan  Peer Leader Penanggulangan HIV-AIDS di Lingkungan TNI di Kepulauan Riau ditutup oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H.,
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger