Home » » Pekan Imunisasi Nasional Polio Di Lanud Tanjungpinang

Pekan Imunisasi Nasional Polio Di Lanud Tanjungpinang

Written By david on Selasa, 08 Maret 2016 | Maret 08, 2016

Ketua PIA AG Cab 13/ D.I Lanud Tanjungpinang
Ny. Maries Wahyu Anggono meneteskan vaksin Polio
 kepada balit saat pelaksanaan PIN Polio 2016.
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2016 dilaksanakan di seluruh Indonesia. Untuk di provinsi Kepulauan dilaksanakan pada tanggal 8-15 Maret 2016, dengan sasaran anak usia 0-59 bulan.

Ketua PIA AG Cab 13/ D.I Lanud Tanjungpinang
Ny. Maries Wahyu Anggono foto bersama dengan
 Ibu-ibu dan Balita usai pelaksanaan PIN Polio 2016. 
Dalam rangka mensukseskan program Pemerintah tersebut, Lanud Tanjungpinang menyelenggarakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) kepada anak-anak Balita bagi putra putri TNI AU dan masyarakat , di Poliklinik Lanud Tanjungpinang, Selasa (8/3).

Menurut Ketua PIA AG Cab 13/ D.I Lanud Tanjungpinang Ny. Maries Wahyu Anggono yang hadir dan menyaksikan berlangsungnya Pekan Imunisasi Nasional tersebut mengatakan bahwa pemberian PIN Polio bertujuan untuk mengurangi resiko penularan virus polio dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio. “  untuk itu Ny. Maries menghimbau kepada  para orang tua khususnya anggota PIA Ardhya Garini agar membawa balitanya ke Posyandu untuk menerima imunisasi wajib PIN Polio.

Usai pelaksanaan  PIN Polio, para orang tua balita juga menerima paparan seputar penyakit Polio dari Letda Kes dr.  Nurqotijah (Pama Dp Poliklinik Lanud Tanjungpinang). Dalam paparan tersebut disampaikan bahwa Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi.

Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam,nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera. diantara yang diprogramkan oleh  pemerintah ini,  mejadikan Balita Indonesia terbebas dari penyakit Polio.


Sementra dijelasankan bahwa  PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan untuk mengurangi resiko penularan virus polio dan memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio.*
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger