Home » » Upacara HUT Ke-70 TNI Angkatan Udara di Lanud Tanjungpinang

Upacara HUT Ke-70 TNI Angkatan Udara di Lanud Tanjungpinang

Written By david on Sabtu, 09 April 2016 | 05.12.00


Upacara Hari Ulang Tahun ke- 70 TNI Angkatan Udara dilaksanakan di lapangan upacara Lanud Tanjungpinang, Sabtu (9/4). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Lanud Tanjugnpinang Kolonel Pnb Ign. Wahyu Anggono, S.E. dan Komandan Upacara Kapten Kal Edang (Lulusan AAU 2007).

Dalam Sambutannya Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriyatna yang dibacakan oleh Inspektur Upacara diantaranya mengatakan, bahwa, sebagai sebuah Negara kepulauan terbesar di dunia, dimana satu pertiganya daratan dan dua pertiganya adalah lautan. Dari kesemuanya itu jarang dipahami secara utuh bahwa semua luas wilayah yang dimiliki Indonesia tiga pertiganya adalah udara. Dengan demikian kekuatan udara menjadi hal penting yang harus dikelola secara bersama-sama, agar mampu mengontrol seluruh ruang udara nasionalnya.  Karena itu untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritime dunia, secara mutla perlu didukung oleh kekuatan udara yang kapabel.

Pada kesempatan itu Kasau  menyampaikan kutipan Presiden Sukarno pada bulan April 1955 bahwa “kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena kekuatannasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern.”
Menurut Kasau,  untuk menyiapkan Angkatan Udra yang powerful dan bersinergi dalam multi dominan integration, diperlukan pengawakan organisasi yang mampu menghadapi cyber war dan space war. Multi dominan integration mengharuskan semua matara TNI secara alami dan intensif mengaplikasikan budaya strategis dalam strata taktis.  System komando dan kendali harus membuka peluang bagi seluruh jajaran angkatan udara untuk memberikan bottom-up innovation.    “Perkembangan iptek menjadikan Alutsista udara rentan terhadap ancaman cyber war dan cyber defence, sehingga Angkatan Udara harus melengkapi  kemampuannya untuk beradaptasi dalam semua level peperangan masa depan yang memadukan dara, laut udara dan cyber serta space” demikian Kasau menyampaiakan.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kasau memberikan beberapa atensi yaitu: Satu Implementasikan ketaqwaan kepada TUHAN YME sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas. Dua,  tingkatkan disiplin, loyalitas sekaligus budaya berfikir kreatif, inovatif dan solutif, sebagai upaya menghadapi berbagai keterbatasan dan hambatan dalam tugas. Ketiga, tingkatkan  pemeliharaan dan perawatan alutsista dengan memantapkan budaya safety guna mewujudkan zero accident. Keempat, Bina dan tingkatkan koordinasi dengan sesame anggota TNI, Polri dan masyarakat, dengan selalu membangun semangat Ke-Bhineka Tunggal Ika-an. Keima: tingkatkan profesionalisme melalui berlajar dan berlatih baik secara mandiri maupun kedianasan, karena sesungguhnya tidak ada prajurit yang hebat, yang ada adalah prajurit yang terlatih.

Adapun Tema HUT TNI AU ke 70 ini adalah: “Dilandasi moralitas, integritas, profesionalitas, dan militasi, TNI Angkatan Udara siap mengamankan wilaya dirgantara dalam rangka penegakan kedaulatan dan keutuhan NKRI”

Upacara dihadiri oleh, tamu undangan lainnya baik militer maupun sipil. Usai pelaksanaan upacara, dilaksanakan juga acara syukuran HUT TNI Ke-70 dan pemotongan tumpeng oleh Danlanud yang diserahkan kepada perwira tertua Tertua di Lanud Tanjungpinang. *
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger