Home » » Lanud RHF Selenggarakan Seminar Dirgantara 2017

Lanud RHF Selenggarakan Seminar Dirgantara 2017

Written By david on Jumat, 31 Maret 2017 | 22.01.00


Aspotdirga Kasau Marsda TNI Agus Munandar
saat membacakan sambuta pada acara
Seminar Dirgantara tahun 2017 di Pasific Hotel,
 Batam, Jumat (31 Maret 2017)  
Menyambut HUT ke 71 TNI Angkatan Udara dan bertepatan dengan event Bulan Dirgantara 2017, Jajaran TNI AU di seluruh wilayah mengadakan berbagai kegiatan.  Lanud  Raja Haji Fisabilillah juga melaksanakan berbagai kegiatan khususnya  yang melibatkan masyarakat salah satunya adalah menggelar acara   seminar kedirgantaraan tahun 2017, Jumat (31/03) di Ballroom Pasifik Hotel Batam.

Seminar yang bertemakan “Meningkatkan Potensi Dirgantara Dalam Rangka Pertahanan Negara” ini dihadiri sekitar  530 orang peserta teridiri dari para pelajar, mahasiswa, LSM, Ormas dan dari berbagai lapisan masyarakat.

Assisten Potensi Dirgantara Kepala Staf AU Marsekal Muda TNI AU, Agus Munandar saat membacakan sambutan mengatakan bahwa pertahanan, menegakkan hukum dan keamanan di wilayah udara yuridis nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah di ratifikasi, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara, dan melaksanakan pembangunan wilayah pertahanan udara.

Acara di lanjutkan dengan paparan-paparan dari Kementerian Pertahanan RI, Kasubdis Hukum Dirgantara Dinas Hukum TNI AU Kolonel Pnb Supri Abu  diantaranya Kasubdit Sapras Dit Komduk Direktorat Potensi Pertahanan, Rika Yuliani, dan Kolonel Adm Waskita.
Suasana  Seminar Dirgantra di  Pasific Hotel, Batam (31/3).
Topik menarik dari seminar tersebut adalah Flight Information Region (FIR) Kepri yang  masih dikuasi dan dikendalikan oleh negara tetangga. Walaupun wilayah FIR tersebut ada dalam bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“ Karena sudah menjadi ancaman kedaulatan negara. saya meminta semua pihak bersama-sama untuk bersinergi, untuk mengambil alih FIR Kepri kembali ke pangkuan NKRI”, demikian Rika Yuliani menjelaskan.

Kasubdis Hukum Dirgantara Dinas Hukum TNI AU Kolonel Pnb Supri Abu juga menambahkan bahwa wilayah Indonesia dijadikan danger area. Dimana pihak asing melakukan latihan militer, dan hal itu sudah bertahun-tahun terjadi. “Akibat FIR ini dikuasai asing, banyak pelanggaran yang dilakukan oleh negara asing” demikian penjelasannya.
Bertepatan dengan hari ulang tahun TNI AU bahwa setiap bulan april telah dicanangkan sebagai Bulan Dirgantara Indonesia, maka seluruh jajaran satuan TNI AU melaksanakan kegiatan kedirgantaraan yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Seperti yang diungkapkan oleh Komandan Lanud (Danlanud) Raja Haji Fissabilillah (RHF) Wahyu Anggono.S.E., M.M. Dikatakan bahwa, seminar tersebut bertujuan agar pelajar dan mahasiswa dapat  memahami segi pertahanan di dirgantara. Danlanud menambahkan, bentuk persiapan pertahanan khususnya pertahanan udara  sudah dilaksanakan untuk kedepannya.  Maka dari itu masyarakat khususnya mahasiswa dan organiasai masyarakat diharapkan dapat  mengetahuinya.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah
 Kolonel Pnb Ign. Wahyu Anggono S.E., M.M.
 memberikan cenderamata kepada  Aspotdirga Kasau
Marsda TNI Agus Munandar. 
Dikesempatan tersebut, Kolonel Penerbang, Ignatius Wahyu Anggono, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah menyampaiian kegiatan Bulan Dirgantara merupakan korelasi dari peringatan ulang tahun 9 april, begitu juga dengan rangkaian kegiatan di Lanud Raja Haji Fisabilillah seperti, lomna Voli antar pelajar, lomba tenis antar instansi, bakti social, anjangsana ke panti asuhan, panti jompo, donor darah pemilihan puta-putri dirgantara, lomba melukis dan mewarnai dan kegiatan seminar dirgantara.

Acara seminar ini dihadiri oleh Assisten Potensi Dirgantara kepala staf Angkatan Udara, .  Komandan Lanud  Raja Haji Fisabilillah, tim Kementrian Pertahanan RI, Kakesbangpol Kota Batam, Ketua KNPI Provinsi Kepri, GM. Airnav Kota Batam dan Tanjungpinang, perwakilan Ketua DPR Kota Batam, Dirsabara Polda Kepri, LSM dan Organisasi Kepemudaan, pelajar SMA serta Sekolah Penerbangan Batam, dan awak media.*


Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger