Home » » Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Written By david on Kamis, 01 Juni 2017 | Juni 01, 2017

Komandan Lanud  Raja Haji Fisabilillah  Kolonel Pnb Ign. Wahyu Anggono, S.E., M.M. mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Kantor  Gubernur Kepulauan Riau.

Bertindak selaku Inspektur Upacara  (Irup)adalah  Gubernur Kepulauan Riau  H. Nurdin Basirun, Kamis (1/6/20170).

Gubernur Kepulauan Riau membacakan sambutan  Presiden RI Joko Widodo yang menyampaikan bahwa Sebuah takdir bagi bangsa yakni keberagaman, mulai dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai Rote, berbagai etnis, budaya, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk NKRI. Itulah kebhinekaan dan hal itu patut terus dijaga setiap waktu," ujar Gubernur saat membacakan amanat Presiden RI.  Dikatakan  menjaga keberagaman di nusantara merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia sebagai cerminan menjaga ideologi bangsa yakni Pancasila.
Pancasila  merupakan hasil dari satu kesatuan yang melalui berbagai proses mulai dari tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final pancasila pada 18 Agustus 1945 dan tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang hari lahir pancasila yan diperingati setiap tanggal 1 Juni.

kurun waktu sekarang ini,  Kebhinekaan sedang diuji, dengan datangnya pandangan dan tindakan untuk mengusung ideologi selain Pancasila. Hal itu diperparah dengan penyalahgunaan teknologi dan informasi dengan maraknya penyebaran berita yang tidak benar alias hoax. Irupa menyampaikan hal itu perlu dicermati lebih dalam lagi, pemahaman kita tentang ideologi Pancasila juga harus terus dipupuk dan ditekankan dengan benar,

Komitmen Pemerintah untuk penguatan pancasila sudah jelas dan kuat, berbagai upaya terus dilakukan dengan telah diundangkan peraturan presiden nomor 54 Tahun 2017 tentang unit kerja presiden pembinaan ideologi pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program pembangunan, pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan program lainnya menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal ika, kita bisa terhindar dari masalah radikalisme, terorisme. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri.

Upacara juga dihadiri oleh  Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Satuan TNI dan Polri, Satpol PP, ASN, Pelajar dan Mahasiswa, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.*



Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger