Home » » Danlanud RHF Hadiri Pengukuhan Paskibraka Kota Tanjungpinang

Danlanud RHF Hadiri Pengukuhan Paskibraka Kota Tanjungpinang

Written By david on Rabu, 15 Agustus 2018 | Agustus 15, 2018



Bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan, S.T., M.M., menghadiri pengukuhan anggota pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tanjungpinang, Rabu (15/8). Panita pelaksana upacara telah memilih 32 pelajar di Kota Tanjungpinang yang memenuhi syarat tertentu, baik fisik maupun mental untuk diberi kepercayaan dan kehormatan menjadi Paskibraka yang telah melaksanakan latihan dan penggemblengan selama kurang lebih satu bulan.

Prosesi pengukuhan Paskibraka tersebut dipimpin oleh Pj. Walikota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, M.M. Sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, para pelajar tersebut mengucapkan ikrar kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kesiapan untuk menjadi putra dan putri penerus perjuangan bangsa. Acara dilanjutkan dengan mencium Bendera Merah Putih sebagai wujud kecintaannya kepada Ibu Pertiwi. Prosesi tersebut menjadi sangat sakral ketika cahaya ruangan aula Kantor Walikota Tanjungpinang digelapkan serta diiringi dengan lagu Gugur Bunga karya Alm. Ismail Marzuki yang dimainkan dengan biola. Terdengar tangisan sendu dari para pelajar tersebut saat mencium Sang Saka Merah Putih, menandakan kecintaan yang dalam terhadap NKRI beserta pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam sambutannya Pj Walikota Tanjungpinang mengatakan bahwa peran anggota Paskibraka tidak hanya selesai setelah mengibarkan dan menurunkan bendera, namun peran aktif sebagai bagian dari aset penting negara yang diharapkan menjadi tauladan dan contoh bagi pelajar atau pemuda lainnya dalam memerankan perannya sebagai kekuatan moral. “Paskibraka juga dituntut peran sebagai kontrol sosial yang diwujudkan dengan penguatan wawasan kebangsaan, pengetahuan akan potensi daerah, membangkitkan kesadaran akan tanggung jawab akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum”, ujarnya. Pj Walikota Tanjungpinang juga mengucapkan selamat pengukuhan anggota Paskibraka Kota Tanjungpinang, dan mengharapkan hasil yang maksimal serta dapat memberikan kemajuan yang positif dan signifikan.

Sementara itu Danlanud Raja Haji Fisabilillah sangat mengapresiasi pengukuhan tersebut. “ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi generasi muda yang bisa masuk menjadi anggota Paskibraka. Karena bukan hanya diajarkan bagaimana cara baris berbaris, namun di sana juga diajarkan tentang kedisplinan, kepemimpinan, dilatih mental dan pengetahuan lainnya. Di mana mereka juga dituntut untuk mengaplikasikan dalam kehidupan serhari-hari,” ujar Danlanud.

Acara diakhiri dengan sesi pemberian selamat dari Forkominda Kota Tanjungpinang kepada setiap anggota Paskibraka Kota Tanjungpinang dan foto bersama. Acara tersebut dihadiri pula oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Henoch Nasarius Virzawan, S.E., Danpomal Lantamal IV Letkol Laut (PM) Didi Wahyudi, Danyonmarhanlan Tanjungpinang Mayor Mar Yudo Herdyanto, Kasdim 0315/Bintan mayor Czi Slamet Wahyudi, serta para staf walikota Tanjungpinang.












Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger