Home » » Lanud RHF Selenggarakan Shalat Idul Adha 1439H dan Pemotongan Hewan Qurban

Lanud RHF Selenggarakan Shalat Idul Adha 1439H dan Pemotongan Hewan Qurban

Written By david on Rabu, 22 Agustus 2018 | Agustus 22, 2018



Lanud Raja Haji Fisabilillah menyelenggarkan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijah 1439 H di Masjid Ukhuwah Islamiyah yang berada di Komplek Perumahan TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah, Batu 2.5, Rabu (22/8). Tampak hadir dalam Shalat Idul Adha tersebut, Danlanud Raja Haji Fisabilillah, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 13/D1 Lanud Raja Haji Fisabilillah, bersama para Kadis beserta anggota Lanud Raja Haji Fisabilillah dan anggota Pia Ardhya Garini Cabang 13/D1 Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Bertindak sebagai Imam dan Khotib pada Shalat Idul Adha tesebut yaitu Ustadz H. Imam Subekti, S.Ag, M.Pd.I, yang kesehariannya menjabat sebagai Kabag Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan STAIN Sultan Abdur Rahman Kepri. Acara dimulai dengan laporan Ketua Panitia Idul Adha, sambutan dari Danlanud RHF, pelaksanaan Shalat Idul Adha dan ceramah, serta dilanjutkan pemotongan hewan qurban.

Dalam sambutannya, Danlanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan, S.T., M.M. menyampaikan bahwa Idul Adha dan peristiwa pemotongan hewan qurban yang setiap tahun dirayakan merupakan suatu konteks peneguhan nilai-nilai rohani, sekaligus sebagai salah satu ibadah yang berdimensi sosial. “Idul Adha merupakan momentum untuk menggugah semangat kemanusiaan sebagai esensi dari ajaran Islam. Islam menunjukkan betapa qurban sangat penting dilakukan oleh setiap muslim yang memiliki kelebihan rezeki,” ujarnya. Danlanud menambahkan bahwa perayaan Idul Adha mengandung nilai dan makna ketaqwaan atas perintah Allah serta makna sosial tentang kepekaan dan solidaritas tinggi sesama manusia.

Sementara itu Ustadz H. Imam Subekti, S.Ag., M.Pd.I dalam khotbahnya menyampaikan tentang makna Idul Adha dan Qurban mengajarkan umat Islam untuk menjauhi sifat kikir, dan membanggakan kekayaan atas pangkat dan jabatan, karena pada dasarnya semua itu adalah karunia dan anugerah dari Allah SWT yang wajib untuk disyukuri. “Dengan niat yang benar Idul Adha, Qurban, dan ibadah lainnya harus dapat membangkitkan semangat dan kesadaran diri untuk saling mengingatkan di dalam kebenaran, menasehati di dalam kesabaran, dan menebarkan kasih sayang kepada seluruh ciptaan Allah SWT”, tambahnya dalam ceramah tersebut.

Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahaan hewan qurban sebanyak 4 ekor yang terdiri dari 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang dihadiri oleh Danlanud RHF, Ketua Pia AG cabang 13/D1 Lanud RHF, anggota Lanud RHF dan masyakarat sekitar. Selanjutnya daging qurban tersebut diserahkan ke Panti Asuhan Nurul Hidayah, Panti Asuhan Miftahul Jannah dan masyakat sekitar yang membutuhkan.









Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger