Home » » Gunakan Hercules, Lanud RHF untuk Kirim Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Gunakan Hercules, Lanud RHF untuk Kirim Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Written By david on Minggu, 21 Oktober 2018 | Oktober 21, 2018



Akhir Bulan September 2018 lalu, Indonesia kembali berduka atas terjadinya musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu dan Mamuju, Sulawesi tengah. Terkait bencana alam tersebut, Minggu (21/10) Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang mengirimkan bantuan logistik yang sudah digalang sebelumnya oleh Pemerintah Provinsi Riau yang berkerjasama dengan lembaga masyarakat dengan menggunakan Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU.

Acara yang bertempat di Apron Delta Bandara Raja Haji Fisabilillah tersebut dimulai dengan penandatanganan berita acara penyerahan bantuan dari Sekda Kota Tanjungpinang Drs. Riono ke perwakilan Lanud Raja Haji Fisabilillah yaitu Kadisops Lanud RHF yang disaksikan oleh Gubernur Kepulauan Riau Drs. H. Nurdin Basirun. Acara dilanjutkan dengan pelepasan secara simbolis bantuan untuk korban gempa dan Tsunami dari Gubernur Kepulauan Riau kepada Pilot Hercules Kapten Pnb Fajar Gusthana. Bantuan tersebut terdiri dari pakaian, roti, biscuit, minyak goreng, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, mie instant, beras, dengan total sebanyak 15.040 kg serta uang tunai sebesar Rp 1,4 Milyar yang selanjutkan akan diserahkan untuk korban bencana di Palu, Donggala, dan Sigi. Selain itu juga memberangkatkan 16 relawan dari Tanjungpinang untuk membantu tenaga dalam meringankan beban korban bencana di Sulawesi Tengah.

Gubernur Kepri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu baik, mengumpulkan bantuan untuk meringankan beban korban bencana yang ada di Sulawesi Tengah. Bantuan yang dikirimkan tersebut merupakan bukanlah yang pertama, melainkan yang kedua dikirimkan dari masyarakat Kepulauan Riau kepada Sulawesi Tengah. “Bantuan yang pertama telah kami lepas melalui jalur laut yang diangkut melalui KRI Teluk Bintuni di Pelabuhan Mentigi Tanjung Uban, ini merupakan bantuan kedua yang dikirimkan melalui jalur udara oleh bantuan Pesawat Hercules milik TNI AU,” ujarnya. Dari kejadian bencana tersebut, Gubernur kepri mengajak masyarakat untuk selalu menyatukan hati, dan selalu berpartisipasi untuk mempertahankan, saling tolong menolong sesame dan memperkuat NKRI. “Mari kita gunakan tenaga, waktu dan pikiran kita agar bermanfaat untuk masyakarat, agama, bangsa dan negara, agar Indonesia selalu mendapatkan berkap dan petunjuk dari Allah SWT. Semoga menjadi amal ibadah kita semua. Terima kasih kepada TNI Angkatan Udara, semoga selamat sampai tujuan,” tutupnya.

Sementara itu, pada wawancara dengan Kadisops Lanud Raja Haji Fisabilillah, Mayor Lek Wardoyo yang saat ini mewakili Danlanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb M Dadan Gunawan S.T., M.M., yang sedang dinas di Jakarta mengatakan bahwa Danlanud Raja Haji Fisabilillah mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama masyarakat Kepulauan Riau yang telah membantu saudara-saudara yang terkena bencana di Sulawesi Tengah. “Kami dari TNI AU telah menyiapkan 1 unit pesawat Hercules C-130 yang kami datangkan langsung dari Jakarta untuk membantu mendukung loading dan pengiriman barang-barang untuk bantuan bencana yang terdiri dari makanan, pakaian, susu, perlengkapan bayi, perlangkepan mandi, serta kebutuhan yang diutamakan di sana, “ujar Mayor Lek Wardoyo. Pesawat tersebut akan berangkat menuju Lanud Halim Perdanakusuma terlebih dahulu dan keesokan harinya akan diberangkatkan ke Palu, Sulawesi Tengah. “Perjalanan dari Halim ke Palu kurang lebih sekitar 3 jam. Semoga bisa bermanfaat untk saudara kita dan sebagai bentuk persaudaraan dan persatuan kita untuk negara ini, “tutupnya.

Pada acara tersebut, turut hadir Danlantamal IV, Aspotmar Lantamal IV, Kasrem 033/WP, Dansatrad 213 Bintan,  FKPD kota dan provinsi, serta organisasi masyarakat seperti Tagana Kepri, Karang Taruna Kepri, FKKPI, dan Pramuka.













Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger