Home » » Ribuan Warga Kerumuni Pesawat Tempur TNI AU di Bandara Hang Nadim Batam

Ribuan Warga Kerumuni Pesawat Tempur TNI AU di Bandara Hang Nadim Batam

Written By david on Thursday, March 21, 2019 | March 21, 2019



Suasana mendung tidak menyurutkan keinginan masyarakat Kota Batam untuk melihat dari dekat enam unit pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 100/200 serta Helikopter SAR Super Puma yang dipamerkan di Apron Gedung VIP Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (21/3).

Masyarakat yang terdiri dari anak-anak, pelajar, bahkan dewasa sangat bersemangat untuk melihat static show dan dynamic show berupa flypass yang dilakukan oleh pilot-pilot pesawat tempur Hawk dari Skadron 1 Supadio. “Kami sangat antusias, khususnya para pelajar di sini. Mereka sejak kemarin selalu penasaran ingin melihat pesawat tempur TNI AU, bahkan mereka akan membuat gambarnya setelah melihat pesawatnya dari dekat”, jelas Ibu Biah, salah satu guru Taman Kanak-Kanak yang saat itu mendampingi 12 pelajar bersama orang tuanya. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan oleh para guru untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kedirgantaraan dan kemiliteran berupa pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara.

Selain Static Show, masyarakat Kota Batam juga disuguhkan penampilan Flypass dari pesawat tempur Hawk 100/200 serta Helikopter SAR Super Puma yang melakukan manuver dan melintas rendah beberapa kali. Hal tersebut mendapatkan sambutan luar biasa dan teriakan kesenangan dari pengunjung.

Komandan Pangkalan TNI AU Supadio Pontianak, Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus menuturkan bahwa kehadiran pesawat tempur serta helikopter di wilayah tersebut memang disengaja. Mengingat waktunya yang bersamaan dengan Latihan Simulasi Operasi Udara dengan sandi “Maverick” yang dijadwalkan sejak tanggal 18 hingga 22 Maret 2019. “Kami melaksanakan latihan dan operasi pengamanan laut, kebetulan pesawat kami ini berasal dari Skadron Udara 1 Supadio Pontianak, dan saya melaksanakan pemeriksaan terhadap anggota yang sedang berdinas di sini, untuk mengecek langsung apakah ada permasalahan atau sesuatu yang harus ditangani bersama. Dan tentunya saya berharap tugas dan latihan mereka selama di Kepulauan Riau bisa lebih maksimal,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kolonel Pnb Elistar Silaen, S.T. selaku penanggungjawab operasi latihan ataupun pemegang kendali kegiatan menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan aktivitas tambahan yang ditujukan kepada masyarakat Batam untuk berkesempatan mengenal, melihat, serta memberikan edukasi tentang alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Udara. “Saya di sini hanya melakukan evaluasi saja tentang bagaimana pelaksanaan tugas di sini. Saya berharap kondisi wilayah udara Kepulauan Riau tetap aman kondusif serta tidak ada pelanggaran, kami juga berharap dengan adanya kegiatan Static Show/Open Base ini menumbuhkan minat kepada generasi muda Batam, sehingga akan lebih banyak lagi putra dan putri dari Batam yang bisa menjadi penerus Angkatan Udara.


Selain itu Danlanud RHF mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga diselenggarakan dalam rangka menyambuat Hari Ulang Tahun ke 73 TNI Angkatan Udara yang akan jatuh pada tanggal 9 April mendatang. “Dalam hal ini, kita melaksanakan bulan Dirgantara, di mana ada 6 pesawat Hawk 100/200 yang stand-by di Bandara Hang Nadim batam, sekaligus kita tunjukkan kepada masyarakat akan pesawat tempur kita, sehingga akan menumbuhkan jiwa kedirgantaraan dan mencintai Angkatan Udara,” jelasnya.










Share this article :

0 comments :

Post a Comment

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger