Home » » Peringati ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, Lanud RHF Tanjungpinang Gelar Upacara

Peringati ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, Lanud RHF Tanjungpinang Gelar Upacara

Written By david on Monday, July 29, 2019 | July 29, 2019




Seluruh Prajurit TNI Angkatan Udara yang terdiri dari Prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah dan Satrad 213 BIntan, serta Saka Dirgantara Lanud Raja Haji Fisabilillah memadati Lapangan Upacara Mako Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang untuk melaksanakan Upacara Peringatan ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, Senin (29/7).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen, S.T, dan Komandan Upacara oleh Kapten Adm Sandi Irawan, S.E., yang kesehariannya menjabat sebagai Pekas Lanud RHF.

Dalam peringatan ke-72 Hari Bakti TNI Angkatan Udara mengambil tema “Bakti Pahlawan Udara Menjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara.” Tema tersebut sesuai dengan peristiwa heroik yang diperingati setiap tanggal 29 Juli tersebut agar tidak sekedar menjadi nostalgia sejarah pagi setiap prajurit TNI AU semata, namun diharapkan dapat menjadi moral dan motivasi bagi para generasi penerus TNI Angkatan Udara untuk memberikan yang terbaik demi pengabdian kepada TNI Angkatan Udara.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen, S.T., membacakan amanat tertulis dari Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.T., M.M., yang mengatakan bahwa Hari Bakti TNI Angkatan Udara merupakan hari yang diperingati untuk mengingat peristiwa yang terjadi ketika tiga pesawat TNI AU yang diawaki Kadet Penerbang Mulyono dengan juru tembak Dulrachman, Kadet Penerbang Sutardjo Sigit dengan Juru Tembak Sutardjo, dan Kadet Penerbang Suharnoko Harbani dengan Juru Tembak Kaput yang terbang dari Lanud Maguwo (Adi Sucipto Yogyakarta) menyerang pertahanan Belanda di tiga kota yakni Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Serangan tersebut menjadi monumental karena merupakan operasi serangan udara yang pertama dalam sejarah TNI AU, namun beberapa jam pasca serangan tersebut, Belanda melancarkan serangan balasan dengan mengirimkan dua pesawat P-40 Kitty Hawk untuk menembak Jatuh pesawat Dakota VT-CLA yang sedang membawa bantuan kemanusiaan dari Palang Merah Malaya. Delapan orang gugur termasuk tiga putra terbaik Angkatan Udara yaitu Komodor Udara Prof. dr. Abdulrachman Saleh, Komodor Udara Agustinus Adisucipto, dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo Wiryokusumo.

Menutup sambutan, Kasau memberi motivasi kepada seluruh Prajurit TNI AU. “Ingat dan resapi roh pengabdian para prajurit udara yang berjuang dan gugur di hari yang suci ini. Bangun prestasi dan karakter kejuangan kalian sejak dini. Banggalah karena berprestasi dan bukan kareana hal lainnya. Kalian hebat bukan karean pangkat atau harta, tapi karena apa yang ada dalam isi kepala dan hati kalian. Bangunlah mimpi dan visi tentang Angkatan Udara kita tercinta ini, dengan sehebat-hebatnya, dari kecerdasan isi kepala dan kesucian hati kalian. Hari suci ini adalah cetak biru moralitas kepemimpinan ideal Angkatan Udara yang telah mengalir dari tetes darah para pahlawan. Jika kaluan mau berusaha, nama kalian bisa seharum nama para pejuang dan para pahlawan. Apakah perjalanan sejarah kaliannantinya akan terukir dengan tinta emas, biru, atau merah, terserah apa pilihan kalian, namun ingatlah prajurit biasa akan bekerja biasa. Prajurit baik akan bekerja baik. Prajurit hebat tidak hanya bekerja hebat, namun menginspirasi prajurit lain untuk menjadi terhebat dari siapapun”, tutupnya.

Upacara diakhiri dengan foto bersama. Tampak hadir dalam upacara tersebut, para Kepala Dinas Lanud Raja Haji Fisabilillah, Komandan Satrad 213 Bintan, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 13/D1 Lanud Raja Haji Fisabilillah, Ketua IKKT Wira Anggini Satrad 213 Bintan, serta para purnawirawan dan warakawuri TNI Angkatan Udara sebagai undangan.











Share this article :

0 comments :

Post a Comment

 
Editor: Yahessa Tutorial | Support: Johny Template
Copyright © 2013-2015. PANGKALAN TNI-AU RAJA HAJI FISABILILLAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger